Hit enter after type your search item
img

Apa itu Teknik Siluet dalam Menggambar?

/
/
/
70 Views

Setiap inidividu tentu sudah mengetahui bahwa teknik siluet memiliki banyak kegunaan. Seperti orang-orang bisa menuangkan emosinya dalam gambaran tersebut. Akan tetapi, apakah Anda memahami bahwa untuk membuat sebuah lukisan atau gambar terdapat beragam metode?

Apakah Pengertian dari Teknik Siluet?

Sesuai dengan beberapa sumber,  metode siluet atau lebih dikenal dengan sebutan teknik blok. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai cara yang dapat diterapkan oleh setiap individu ketika menggambar. Nah, penerapannya berupa bayangan berwarna hitam pekat menjadi unsur utamanya.

Dengan kata lain, metode siluet adalah salah satu teknik yang diterapkan oleh seseorang untuk membuat gambar dengan pemberian bayangan. Maksudnya ialah Anda akan diajak menciptakan shadow. Dimana ditunjukkan melalui pewarnaan tunggal berwarna hitam solid atau pekat.

teknik menggambar siluet
teknik menggambar siluet

 

Apa Saja Macam-Macam dari Metode Teknik Menggambar Siluet

Beranjak dari definisi, sekarang Anda akan diajak mengulas berbagai macam dari metode linear. Pada dasarnya, jenis teknik ini ada tiga (3) jenis yang mana pembagian setiap ragamnya dilandaskan pada proses menggambarnya. Untuk memperoleh pemahaman lebih lanjut, simak penjelasan berikut.

1. Metode Siluet Positif

Sebelum beralih pada pembahasan lainnya. Kali ini Anda akan disajikan dengan pemaparan mengenai metode siluet kesatu. Sebagian besar individu mengenalnya sebagai teknik jenis positif. Disini, seorang pelukis hanya diberikan kesempatan untuk menghitamkan bagian yang diinginkannya.

Dengan kata lain, ketika seseorang ingin membuat sebuah gambar menggunakan metode siluet. Maka, salah satu caranya adalah memberikan warna hitam solid sesuai karakter yang diinginkannya. Seperti contoh, ketika Anda hendak mencipatakan bayangan wajah orang dari sisi tertentu.

2. Metode Siluet Negatif

Pembahasan kedua merupakan kebalikan dari penjelasan pertama. Jika sebelumnya membahas mengenai jenis positifnya. Maka, kali ini akan memaparkan maksud dari metode siluet negatif. Terdapat perbedaan di kedua tipe teknik tersebut yang ditandai dengan pemberian warnanya.

Apabila di tipe positif, individu yang membuat gambar hanya akan memberikan warna pada bagian sesuai keinginannya. Maka, disini Anda diharuskan untuk menaburkan rona tersebut ke sekeliling bidang. Dari sinilah bentuk itu bisa muncul. Contohnya, pemberian corak pada media berwarna hitam. Jadi, disekitarnya mesti ditabari white coloring.

3. Metode Siluet Campuran

Beranjak dari kedua pembahasan tentang jenis metode siluet. Maka, kali ini akan disediakan penjelasan mengenai macam teknik yang ketiga. Hal tersebut biasa dikenal dengan sebutan cara memberikan blok campuran. Secara umum, merupakan kombinasi dari tipe positif dan negatif.

Sebagai informasi tambahan pada metode jenis ini. Anda akan diajak untuk saling menutup warna pada objek agar bisa menciptakan sebuah siluet sesuai keinginannya. Seperti contoh, seseorang memakai media berwarna putih. Maka, orang itu diarahkan agar memadukannya dengan warna hitam supaya terbentuk bayangannya.

Apa Saja Kelebihan dari Penerapan Teknik Siluet?

Secara umum, sudah bisa dipastikan bahwa setiap penerapan dari salah satu metode terdapat kelebihan serta kelemahan di dalamnya. Nah, kali ini akan membahas mengenai keunggulan yang ditawarkan oleh teknik siluet. Dimana pembahasannya berdasarkan beberapa pertimbangan khusus.

Kelebihan yang dimiliki oleh metode ini antara lain, dapat memberikan kesempatan pada senimannya untuk mendesain secara praktis. Kedua, Anda tidak memerlukan banyak material saat menggunakan teknik menggambar yang satu ini. Ketiga, memiliki nilai keindahan tinggi meskipun pembuatannya sederhana.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, macam-macam atau jenis, hingga kelebihan dari teknik siluet. Dimana penjabarannya disajikan secara ringkas dan jelas. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memulai membuat gambar dengan mudah serta praktis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This div height required for enabling the sticky sidebar