Hit enter after type your search item
img

Jenis Jenis RAM pada PC

/
/
/
7 Views

Jenis Jenis RAM – Random access memory atau RAM adalah salah satu komponen penting yang ada dalam sebuah perangkat komputer. Saat komputer dioperasikan, maka RAM akan menyimpan data-data dari aktivitas komputer tersebut. Setelah komputer dimatikan, data yang ada dalam RAM tersebut akan hilang. Jenis dan juga ukuran RAM yang digunakan pada komputer dapat berbeda-beda.

RAM menjadi salah satu yang paling sering menjadi pertimbangan sebelum membeli perangkat komputer. RAM dengan ukuran yang besar biasanya lebih menarik karena dapat memberikan performa yang lebih cepat untuk komputer. Pada umumnya komputer dapat menggunakan jenis RAM seperti berikut.

Jenis Jenis RAM untuk Komputer yang Perlu Diketahui

Jenis Jenis RAM pada PC

Ada beragam jenis RAM berbeda yang dapat digunakan untuk perangkat elektronik seperti komputer. Jenis-jenis penyimpanan antara lain adalah sebagai berikut.

DRAM

Salah satu jenis RAM yang umum digunakan pada sebuah komputer adalah Dynamic Random Access Memory atau DRAM. Memiliki desain sederhana dengan kecepatan antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz. Jenis RAM yang satu ini menjadi yang paling rendah biaya produksinya namun membutuhkan konsumsi daya yang lebih tinggi dibanding RAM yang lain.

SDRAM

Jenis ram yang digunakan untuk komputer salah satunya adalah Synchronous Dynamic Random Access Memory atau SDRAM. Kecepatannya mampu mencapai 133 MHz yang tiga kali lebih cepat dari RAM konvensional. Penyimpanan ini merupakan jenis semikonduktor dengan menggunakan sistem bus yang banyak digunakan pada komputer-komputer baru.

RDR RAM

RDR RAM atau Rambus Dynamic Random Access Memory menjadi satu dari beberapa jenis RAM komputer. Jenis ram dengan kemampuan transfer data yang cepat salah satunya adalah RDR RAM ini.

Penyimpanan paling standar dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga 1 GHz. Komponen yang satu ini sering digunakan untuk memori cache, memori video, dan memori workstation.

SRAM

Static Random Access Memory atau SRAM merupakan jenis RAM yang membutuhkan daya lebih kecil dibanding jenis DRAM. Penyimpanan ini menyimpan data secara statis atau tetap.

Saat komputer dinyalakan dan daya listrik dipasok ke bagian chip memory, SRAM akan menyimpan data dengan lebih cepat. RAM ini lebih sering digunakan untuk buffer hard drive dan memori cache CPU.

EDORAM

Jenis ram yang umum digunakan untuk perangkat elektronik salah satunya adalah EDORAM atau Extended Data Output Random Access Memory. Jenis penyimpanan ini digunakan pada komputer untuk pentium 66 MHz.
Mulai digunakan sekitar tahun 1994 untuk chipset seperti 430FX yang diperkenalkan intel. Chipset pada RA ini memiliki fungsi untuk meningkatkan pembacaan data terutama pada mikroprosesor agar lebih cepat seperti intel pentium.

Baca Juga: Pengertian RAM dan ROM

FPM DRAM

Memori dinamis dengan akses halaman yang cepat dikenal sebagai Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory atau FPM DRAM. Memori ini memiliki kinerja yang lebih tinggi dibanding jenis DRAM standar atau konvensional.

FPM DRAM menjadi jenis penyimpanan yang paling umum digunakan pada komputer terutama sebelum bentuk baru dari DRAM keluar. Mode halaman penyimpanan ini dapat mengakses barisan RAM tanpa harus menetapkan kembali barisan RAM tersebut secara terus menerus.

FLASH RAM

Jenis penyimpanan sementara ini dapat menyimpan data dengan cara kerja seperti SSD. Memori flash atau FLASH RAM adalah media penyimpanan non-volatil yang sering digunakan pada beberapa produk komputer.

RAM ini banyak ditemui pada perangkat elektronik seperti printer, mainan anak, hingga USB Flash Drive. Data yang disimpan pada memori ini dapat dihapus. Namun saat dimatikan atau tidak mendapatkan daya, maka data yang disimpan tersebut akan terhapus.

SDR SDRAM

Jenis RAM ini sering ditemui pada perangkat elektronik seperti video game konsol dan komputer. Kemampuan menyimpan data dari RAM ini adalah dengan membaca dan lainnya menulis per siklus jam dari setiap instruksi. Single Data Rate atau SDR SDRAM ini dapat meminta instruksi setiap kali mengganti selai untuk satu kali membaca dan satu kali menulis.

DDR SDRAM

Kemampuan penyimpanan ini dua kali lebih cepat dari SDR RAM. Double Data Rate atau DDR SDRAM memiliki keunggulan yaitu kecepatan penyimpanan yang dua kali lebih cepat setiap siklus jam untuk instruksi membaca dan menulis. RAM ini dapat bekerja dengan tegangan standar 2,5 V dari 3,3 V yang lebih rendah dari SDR SDRAM.

Tampilan fisik dari RAM ini memiliki 184 pin dengan satu notch pada bagian konektor. Untuk perangkat komputer dapat menggunakan DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4. DDR2 SDRAM dapat menyimpan data yang dapat diakses lebih cepat dari hardisk hingga 100 kali lebih cepat. Sedangkan untuk DDR3 lebih cepat 300 kali lipat dibanding akses hardisk.

Jenis SDRAM adalah RAM yang paling umum digunakan sebelum tahun 200an dan kemudian diganti oleh DDR. Secara umum, DDR memiliki kemampuan transfer lebih cepat 2 kali lipat dari SDRAM. DDR2 memiliki keunggulan pada rate yang lebih tinggi dari DDR1.

Sedangkan untuk DDR3 memiliki keunggulan seperti latensi yang lebih unggul, bandwitch lebih tinggi, performa lebih tinggi bahkan untuk daya kecil, serta lebih bagus untuk laptop atau perangkat low-power. DDR SDRAM yang lebih canggih adalah DDR4 yang sudah banyak dijual di pasaran.

Peningkatan DDR SDRAM ini dapat dilihat pada kapasitas memori yang lebih besar, pemrosesan sinyal lebih canggih, kecepatan clock standar lebih tinggi, dan penggunaan daya yang lebih rendah.

Perangkat elektronik seperti komputer dan laptop dapat menggunakan DDR4 SDRAM yang banyak dijual oleh berbagai vendor. Namun untuk DDR3 SDRAM juga masih cukup banyak tersedia karena kebanyakan komputer dan laptop menggunakan tipe RAM yang satu ini. Anda bisa mengetahui jenis RAM yang digunakan melalui buku manual atau petunjuk motherboard.

Setelah mengetahui jenis RAM yang didukung pada perangkat komputer, Anda juga bisa melakukan upgrade untuk meningkatkan performa komputer. Penting untuk memperhatikan jenis RAM di dalam komputer Anda karena untuk upgrade memerlukan jenis RAM yang sama.

DDR 1 tidak cocok dengan DDR2, DDR3, maupun DDR4. Upgrade RAM ini dapat dilakukan dengan memasang RAM pada slot yang masih kosong. RAM yang digunakan maksimal tergantung dari motherboard dan sistem operasi komputer itu sendiri.

GDDR SDRAM

Jenis RAM yang satu ini menggunakan daya yang lebih rendah dan panas yang lebih sedikit. RAM yang dirancang khusus untuk rendering video grafis ini memiliki desain yang hampir sama seperti DDR SDRAM. Perbedaannya adalah GDDR SDRAM memiliki kemampuan untuk meminta dan menerima data di siklus clock yang sama.

Penyimpanan yang digunakan pada unit pemrosesan grafis ini memiliki sistem pendingin yang lebih sederhana. GDDR SDRAM paling umum digunakan untuk memori penyimpanan pada kartu video atau video card.

itulah beberapa jenis jenis ram yang paling umum digunakan pada perangkat elektronik seperti komputer. RAM dapat diupgrade jika ingin performa komputer lebih bagus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar